Sabtu, 16 Oktober 2010

Dapatkah Ingatan Yang Hilang Kembali Setelah Memukul Ulang Kepala

Orang-orang sering bilang kalo mukul ulang kepala yang sebelumnya telah terpukul dan sebagian ingatan hilang dapat mengembalikan kembali si ingatan. Dan jika tidak dilakukan maka akan disebut pamali. Tetapi apakah hal tersebut benar? Mari ikut saya. (kayak mau uji nyali aja)


Membuat dan menyimpan memori merupakan proses yang kompleks karena berkaitan dengan banyak bagian di dalam otak besar, termasuk bagian depan (lobus frontalis), bagian samping (lobus temporalis) dan bagian tengah (lobus parientalis). Kerusakan atau penyakit pada tempat ini dapat menyebabkan hilangnya memori dengan tingkat yang berbeda-beda.

Berikut ini adalah contoh bagus tentang bagaimana hilangnya dapat terjadi. Ingatan jangka pendek bisa menjadi ingatan jangka panjang, tetapi harus melalui sebuah proses yang disebut penggabungan. Selama proses penggabungan ini, ingatan jangka pendek berulang-ulang diaktifkan. Begitu banyaknya sehingga perubahan kimia dan fisika terjadi di otak, yang secara permanen melekat ke akses ingatan jangka panjang. Jika selama pengulangan pengaktifan ini, sesuatu memutus prosesnya, misalnya saja geger otak atau trauma otak, maka ingatan jangka pendeknya tidak mampu digabungkan. Ingatan tidak bisa disimpan untuk akses jangka panjang. hal seperti inilah yang terjadi pada amnesia maju.

Sangat dipercaya bahwa proses penggabungan terjadi di hipokampi, yaitu bagian otak yang terletak pada bagian samping (lobus temporal). Riset medis membuktikan bahwa bagian lobus frontalis dan lobus temporalislah yang sering rusak saat terjadi luka di kepala. inilah sebabya mengapa banyak orang yang menderita trauma pukulan di kepala atau kerusakan otak mengalami amnesia maju. Jika hipokampi rusak, penderita amnesia akan mampu memanggil ingatan yang lama, tetapi tidak dapat menciptakan ingatan baru.

Jadi, memang mungkin saja seseorang menderita kehilangan ingatan---amnesia---karena pukulan di kepala. Akan tetapi, trauma di kepala haruslah sangat hebat.

Memukul-mukulkan kepala akan mengakibatkan amnesia jika pukulan itu sangat keras sehingga bagian lobus temporalis membengkak atau luka. jelasnya memukul kepala lagi akan menyebabkan trauma yang berlebihan dan akan lebih memperburuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Eitss..., baca dulu dong baru komen! :D