Minggu, 24 Oktober 2010

Bagaimana Jika Saya Menyentuh Dry-Ice


Dry Ice
Dry ice adalah karbondioksida yang dibekukan. Dry ice merupakan bentuk penyubliman yang menarik karena ketika meleleh langsung berubah bentuk menjadi gas karbondioksida, bukan berbentuk cairan.

Jika akan memegang dry ice, sobat harus yakin memakai kolor sarung tangan yang cukup tebal karena dry ice bersuhu -109°F. Permukaan yang sangat dingin ini dapat dengan cepat merusak kulitmu jika menyentuhnya.

Hal semacam ini sama saja jika kamu menyentuh panci yang panas tanpa pelampin. Jika kamu melakukannya kurang dari satu detik, kamu cepat merasakan bahwa panas akan segera hilang dan kulit akan sedikit memerah. Akan tetapi, jika kamu menyentuh lebih dari beberapa detik, kulit bisa terbakar, dan panas mematikan sel-sel kulit. Peristiwa itu sama dengan dry ice. Dry ice sesungguhnya membekukan sel kulit jika kamu menyentuhnya. Akibat luka yang ditimbulkan sama dengan hasil luka bakar dan harus dirawat secara medis. Untuk alasan yang sama pula, sobat enggak mau mencicipi atau mengambil dry ice. Sama saja kamu meminum sesuatu yang panas dan beresiko merusak mulut, kerongkongan, dan sebagian tenggorokan.


Sumber: What If...? Intriguing Answer for the Insatiably Curious

4 komentar:

Eitss..., baca dulu dong baru komen! :D