Jumat, 17 Desember 2010

Cara Membuat Tampilan Mobile Blog

Beberapa menit yang lalu ketika saya melakukan searching di Google tentang bagaimana caranya untuk membuat tampilan blog kita menjadi tampilan mobile. Banyak sih memang yang memberikan tutorialnya. Tetapi semua cara yang mereka berikan cukup membuat kepala saya pusing. Karena harus download ini, pasang itu, upload file ini, dan sebagainya. Lalu saya membuka akun blog saya. Tiba-tiba di dashboard ada pemberitahuan yang intinya adalah pihak Blogger menawarkan blog saya untuk dirubah tampilannya menjadi mobile. Sontak saya pun kaget. Langsung saja saya klik link tersebut. Setelah dirubah beberapa pengaturannya dan ternyata, benar! Blog saya mempunyai tampilan mobile-nya. Yuhuuu asik bener dah. Nih dia screenshotnya,



Masih ga percaya? Coba liat deh di halaman bawahnya ada tulisan Lihat versi web. Itu berarti kita sedang mengakses via mobile. Naaah sekarang percaya kan? hehehe

Mau tau cara membuat tampilan blog mobile pada blogger? Cekidot!

1. Pada dashboard, pilih menu Pengaturan--> Email & Seluler. Pada kolom Tampilkan template seluler pilih Ya, pada perangkat seluler, tampilkan versi seluler template saya,
2. Jikalau ingin melihat pratinjaunya klik pratinjau,
3. Kalau udah oke semua klik simpan dan coba lihat hasilnya via Hanphone atau PC dengan cara ini.

NB: Sampai saya menulis artikel ini, program baru ini masih dalam status Beta atau percobaan. Jadi cara ini bisa berhasil ataupun tidak.

17 komentar:

  1. wew.. manteb..
    tapi belum ada rencana mau ngubah
    heheh

    BalasHapus
  2. hm.... ane masih ragu gan buat nyoba hehe.....

    BalasHapus
  3. gue udah coba layanan ini, dan berhasil :D
    tp sayangnya kalo mau buka versi mobile kita harus nambahin '?m=1' di belakang url blognya. Jadi nggak otomatis ke redirect >.<

    BalasHapus
  4. saya coba dulu di blog experimen saya . ,

    makasii infonya kawan !!

    BalasHapus
  5. yang itu gak bisa cobapake http://bloggertouch.sopili.net pasti bisa

    BalasHapus
  6. @ kalau diklik bahaya: Bisa mas. Asal di belakang URL blog kita ditambahkan '?m=1'. Blogger masih belum bisa menredirect langsung ke tampilan mobile. Ya, itu juga bisa. Langsung keredirect n gampang settingnya. Ane juga pake itu gan :)

    BalasHapus
  7. Udah coba.. tapi di hp ttp aja full tampilannya..

    BalasHapus
  8. @ Me and Confucius: Kalau ingin tampilannya mobile, tambahin ?m=1 dibelakang alamat blog. contoh http://arkan-indo.blogspot.com/?m=1 dan setau saya hanya blog buatan blogger saja yang bisa memobilekan tampilan dgn cara tersebut. kalau blog buatan di luar blogger saya kurang tau :).

    BalasHapus
  9. oh yaya, saya mau make yang ini ajalah, blogertouch banyak masalahnya sekarang muncul "internal server eror" lagi hmm...

    Thanks balesannya. Sudah bisa komen nih hehe...

    BalasHapus
  10. Iya gan saya aja pakai tampilan mobile standar blogger. Kalo mau pakai yang ini ga usah ke pengaturan lagi, langsung aja tambahin kode ?m=1 setelah tanda slash "/" di blakang url blog. karena kemarin setelah saya cek pengaturannya udah gak ada. Jadi langsung aktif otomatis.

    Iya sama-sama. hehehe tetap berikan kritik dan saran ya... :10

    BalasHapus
  11. tutorialnya bermanfaat sekali, oia ada gak ya template khusus mobile yang keren selain template default dari blogger?

    thanks

    BalasHapus

Eitss..., baca dulu dong baru komen! :D