Sabtu, 20 Maret 2010

Otak kanan-kiri.


weehhh... ketemu lagi guys ! what's up? moga fine-fine aja yah :). bey de wey eniwey baswey, gak ada yang nanyain kabar gw nih?? ya udahlah gw jawab sendiri aja, Alhamdulillah baek. oya hampir lupa, kita lanjutin ceritanya yang tempo hari bersambung (Artikel, Red).
pada abad ke-19, telah dilakukan penelitian terhadap orang-orang yang mengalami luka pada otaknya. hasil penelitian ini menunjukan adanya dugaan bahwa "pusat bahasa" berada pada otak bagian kiri. hal ini diperkuat dengan pengamatan terhadap individu yang mengalami luka pada bagian-bagian tertentu di otak kiri, akan mengalami gangguan pada kemampuan berbicaranya.
pembuktian terakhir untuk ini, ditemukan dalam penelitian yang dilakukan oleh Roger Sperry dan koleganya pada tahun 1960. hasil dari penelitian ini, kemudian, mengantarkan Roger sperry mendapatkan hadiah nobel dalam bidang Fisiologi atau kedokteran pada tahun 1981. ia mendapatkan hadiah nobel atas penemuannya mengenai fungsi-fungsi dari belahan otak (cerebral hemispheres). dengan bantuan pasien-pasien yang disebutnya sebagai split brain, ia melanjutkan penelitiannya dan untuk pertama kalinya dalam sejarah, pengetahuan tentang otak kanan-kiri dikemukakan.



Apakah yang bisa didapatkan dari penelitiannya tersebut?
penelitian tersebutmenunjukkan adanya perbedaan fungsi dan tugas antara otak kanan dan kiri.
Otak kiri memilki fungsi-funsi untuk verbal, pemahaman logis, faktual dan analisis. sementara itu, otak kanan memiliki fungsi yang berkaitan dengan persepsi ruang, musik, kreativitas dan emosi. otak kanan akan bekerja ketika kita membuat peta atau memberikan penunjuk arah. otak kanan hanya menghasilkan kata-kata yang belum sempurana, tetapi memberikan muatan emosi dalam bahas atau kalimatt yang disampaikan. tanpa bantuan otak kanan, kita akan mampu membaca "kucing" tetapi tidak mampu membayangkan seperti apakah bentuk dari "kucing" itu.
huuuaaahhh, akhirnya episod kali ini slese juga. itu tandanya kita harus berpisah lagi deh. N seperti biasa gw ucapin, SMOGA artikel yang gw tulis berguna bagi anda yang udah ngebaca di blog gw yang jarang diapdet. hahaha :D
oya ada pengumuman tentang apa yang barusan terjadi dalam diri gw, yaitu, GW BARU AJA KENA RAZIA RAMBUT !!! yup !! sumpah !!! ckckckckck :(
babay smua, mmmmmmuuuuuaaaaaccchhhhh :D beeeerrrr....
------------------------------------------------------------------------------------
oya guys, ada tambahan nih....
Otak kiri.
Karakteristik : logis, rasionalis, proses pengambilan keputusan dengan fakta dan analisis yang tinggi, memendam perasaan, menyukai fakta dan detail, penalaran logis.
Kelebihan : logis, rasionalis, spesifik, kemampuan eksekutif yang tinggi.
Kekurangan : kurang fleksibel, keras kepala dan resisten terhadap ide dan opini orang lain.

Otak kanan
Karakteristik : daya analisis yang rendah, emosional, terbuka dengan perasaan, proses pengambilan keputusan mengandalkan intuisi.
Kelebihan : kreatif, penuh ide-ide, terbuka terhadap perasaan, asertif.
Kekurangan : kurang praktis, emosional, pengambilan keputusan yang impulsif.

28 komentar:

  1. wow, baru tau gw ternyata otak kita beda-beda fungsinya gitu. setau gw otak ya cuma buat mikir. hehehe :D

    kena razia rambut??? SAMAAA!!! tapi males motong sih gw.

    BalasHapus
  2. habis baca judul ini, kayak sekolah lagi ini...
    :)

    BalasHapus
  3. oh....
    lumayan, buat manasin otak lagi....

    BalasHapus
  4. woi.. thx ya dah komen di blogku...

    sering-sring main ya...

    BalasHapus
  5. ya sama2....
    kamu juga sering2 maen ke blo gw....
    oya, boleh sekalian tukeran link gak?

    BalasHapus
  6. Halo sobat,thanks atas kunjungannya ,salam kenal !

    BalasHapus
  7. otak kiri dan kanan berbeda yaa... saya bau tau nih... hehehehehehe

    thank's atas kunjungannya Sob, jangan bosan mampir ke blog saya yaa...

    BalasHapus
  8. mantap SOb, thank's atas kunjungan Sobat

    BalasHapus
  9. abis nge-search di gugel.... ternyata udah banyak yang nulis ginian... *kemana aja diaaass??*

    BalasHapus
  10. otak kiri otak kanan beda ya...??
    Kalo otak-otak sama ga....???
    heheheheehe....

    BalasHapus
  11. wah berarti para blogger otak kanannya lebih bekerja ya, soalnya banyak muncul ide2 kreatif dalam menulis hehe...

    BalasHapus
  12. enaknya klo punya otak... lah klo yang kgak punya otak gemana hwakakka

    BalasHapus
  13. kalo main gitar itu pake otak kanan apa otak kiri.. ? :D

    BalasHapus
  14. 4 soul taker : ya sama2. salam kenal juga.
    4 seputar internet : ya insya allah.
    4 mas dias : yang bener? wah gak nyangka udah keduluan. padahal gw gak copy+paste...
    4 widi aldiana : hahahaha :D
    4 dimas : betul !
    4 alibabdul : wah parah dong..
    4 baburinix : thx
    4 secangkir teh : otak kiri.

    BalasHapus
  15. wah makasih yaw infona
    jadi tahu fungsi dan cara kerja otak kiri dan kanan nuy heheh


    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih
    :D

    BalasHapus
  16. wah makasih yaw kuliah gratisnya
    jadi tambah pengetahuan saya

    blogwalking di pagi hari

    BalasHapus
  17. 4 jepri : thx gan...
    4 darahbiroe : ya sama2. insya allah..
    4 antok : ya sama2.

    BalasHapus
  18. thanks kunjungannya , ngunjungi balik nih #bahasa apa itu ?
    uda add fb mu juga
    salam blogger :)
    arigatou

    BalasHapus
  19. Salam Actions

    Senang membaca tulisan hasil karya anda
    sangat menarik dan menambah wawasan dan juga pengalaman.
    saya akan membaca tulisan2 anda berikutnya.
    Sukses selalu menyertai perjalanan karier anda.
    Alamat URL anda telah saya save agar mudah saya posting ke blog anda,...
    begitu sebaliknya
    Saya tunggu Kunjungan, kritik dan saran anda demi suksesnya blog saya

    http://cadalora-bussinessonline.blogspot.com/

    BalasHapus
  20. belum diperbarui bro blognya?

    BalasHapus
  21. saya dah pernah nyoba gambar yg melatih otak kanan-kiri.. wiss akhirnya bisa ngendaliinya

    BalasHapus
  22. 4 Mr. Hensem : belum mas. lagi males ngapdet :D
    4 AeArc : wuih kayaknya susah tuh. selamet ya.. :D

    BalasHapus

Eitss..., baca dulu dong baru komen! :D