Kamis, 20 Desember 2012

Kena Harkos di Jatinangor


Saat pulang dari Bandung kemarin ane ga bareng sama rombongan Cirebon. Soalnya ga biasa aja pulang ramerame satu angkot, satu bis, dan satu waktu. Ga bisa mampir kesanasini dulu ataupun mencari ketenangan saat tidur di bis (padahal tetep aja sih ribut namanya juga kendaraan umum). Ya udah akhirnya ane naik damri dari Cimahi menuju Jatinangor. Bayarnya Cuma tujuh ribu padahal sejauh itu. Duh kalo ada yang dari Cisarua ke Cirebon dengan biaya yang sama sih ane mending naik itu dah hehe. Sesampainya di depan kampus UNPAD ane berdiri nungguin bis lewat di pinggir jalan. Sepuluh menit, duapuluh menit, masih belum ada bis yang lewat. Kalaupun ada paling bis pariwisata. Terus ane jalan aja sampe jalan yang mau naik ke bukit kayak Cadas Pangeran gitu dan … menunggu. 10 menit, 20 menit, 40
menit, ga datengdateng. Gila udah pegel bawa tas berat, panas, laper, sama ga sabar nungguin bis masa harus nunggu lagi? Mau sampe jam berapa ane di sini padahal udah jam setengah dua. Akhirnya ane putusin buat naik angkot jurusan Cileunyi-Sumedang. Sesampainya di Sumedang dan masih di dalam angkot ane ga tau harus turun di mana karena ga kenal medan di sini soalnya ane biasanya tidur selama di perjalanan.


“kiri kang, kiri kiri!!”

Turun deh ane di perkotaan. Celingak-celinguk, garuk-garuk kepala, ane bingung! Terus aja ane nanya polisi dan dapet petunjuk menuju tempat pemberhentian bis. Katanya naik angkot 02 aja ntar turun di bunderan alam sari. Ya udah capcusss! Karena ga tau bunderan alam sari dimana jadi terpaksa harus tanya lagi. Sasaran kali ini adalah pemuda yang duduk di sebelah ane yang lagi cayangcayangan di sms. Sebenernya ane ga tega ngenganggu dia yang saat itu lagi nyengirnyengir sendiri di depan layar hp (maklum lagi kasmaran) tapi karena terpaksa..

“kang, bunderan alam sari itu dimana ya?”

Dia ngejawab,
“ekkkhhm, engke di payun. Bade kamana a, ekkkhh?” *efek suara tersebut berasal dari suara dia yang mungkin lagi serak*

“mau ke cirebon” jawab ane singkat.
Beberapa menit kemudian,

“nah, di dieu a. arah ka cirebon mah di dinya” jawabnya sambil nunjuk arah jalan. Wah baik juga ni orang kata ane. Tiba-tiba… jegerrrr!! Byurrrr… hujan pun turun. Akhh sial ga pas banget momennya. Karena dingin dan laper ane pun membeli tahu Sumedang. Lumayan deh bikin kenyang dan hangat tubuh. Pas lagi asikasiknya menyantap tahu tiba-tiba ada yang nepok pundak ane. Dikirain copet eh ga taunya anak SMA berseragam pramuka yang saat itu lagi nunggu juga.

“bade kamana A?”
“ka cirebon.”
“hayu atuh kaditu. Saya juga pengen ke Kadipaten” ajaknya sambil menunjuk tempat di pinggir perempatan jalan.

Nurut marmut aja ane. Dengan gaya sok coolnya bersandar di tembok dengan telapak kaki ditempel satu di tembok dan mainin hp dia sekalikali lirik nyari angkot.

“bis ke cirebon lagi jarang ya?” tanya ane.
“biasanya sih banyak. Mungkin lagi macet aja.” Emang sih sebelum nyampe sini tadi macet banget sampesampe mesin angkot pun dimatiin.
“mending kita naik angkot aja deh soalnya elf daritadi penuh terus.” Ajaknya. Setelah ditimbang-timbang jadi deh kita naik angkot jurusan Kadipaten. Selama di angkot kita berbagi cerita tentang sekolah masingmasing. 

Ternyata rumah dia di Kadipaten tapi sekolahnya di Sumedang. Ngapain jauhjauh ya kalo di sana masih ada sekolah? (sebenernya dari cirebon ke bandung jauh juga sih). Kata dia kalo soresore gini jarang ada elf lewat soalnya nanggung. Kalo mau siang ya siang kalo mau malam ya malam. Waah elf juga konsisten ya!
Untungnya pas sampe di Kadipaten ada elf yang ngetem. Alhamdulillah akhirnya bisa pulang juga. Dan sesampainya di Cirebon udah jam 7an. Yaah ga bisa mainmain dulu deh. Tapi gak apa. Yang penting nyampe…

1 komentar:

  1. Beginilah negriku tercinta, Aku Cinta Indonesia apapun adanya. Hujan emas di negri orang hujan batu di negri sendiri. I love Indonesiaku

    BalasHapus

Eitss..., baca dulu dong baru komen! :D