Jumat, 21 Desember 2012

Keamanan, Lebih Penting Dari Makanan

Telah kita saksikan entah itu dari televisi, radio, koran, majalah, internet, atau media informasi lainnya bahwa keadaan sebagian di belahan dunia sudah tidak aman. Akibatnya, masyarakat menjadi resah, gelisah, dan merasa terganggu dalam hidupnya. Gaza dengan serangan bombardir dari para tentara Israel atau penembakan massal yang terjadi di (Connecticut), Amerika Serikat merupakan sampel bahwa keamanan serta kedamaian itu dibutuhkan.

Karena keamanan merupakan cita-cita terbesar dalam hidup manusia dan tujuan setiap pemerintah dalam suatu negara. Keamanan dimana setiap orang merasa terbebaskan, ketenangan hati, dan hilangnya rasa takut.

Keamanan lebih penting daripada makanan dan tempat tinggal karena
tanpa keamanan kita tidak bisa merasakan lezatnya makanan dan nyenyaknya tidur.

Nah, menurut kamu apa sih definisi dari aman? Bebas dari kecelakaan, amukan, terlindungi, tenteram atau apa? Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian kata “AMAN” sih berarti 1bebas dari bahaya, 2bebas dari gangguan, 3tersembunyi, dan 4tenteram.

Saat hendak tidur kita biasa mengunci pintu, mengoleskan cairan antinyamuk, dan juga berdo’a agar Tuhan menjaga keamanan saat kita terlelap. Juga saat hendak menyeberang jalan kita tengok kanan-kiri untuk memastikan bahwa tidak ada kendaraan yang sedang melaju ke arah kita.

Setiap orang mempunyai caranya tersendiri untuk menciptakan keamanan. Baik itu dari dirinya sendiri atau menggunakan bantuan dari benda atau orang lain.

Untuk lebih jelasnya mari analogikan sebagai berikut.

Di rumah kamu banyak kucing dan kamu sedang memasak ikan goreng. Selesai memasak kamu ingat belum membeli saus sebagai pelengkap dari santapan siang kamu kali ini. Akhirnya kamu menaruh ikan goreng di atas meja dan pergi ke warung. Sepulang dari warung kamu mendapati ikan yang tadi di atas meja sudah hilang. Ternyata kucing yang ada di rumah kamu mencuri ikan tersebut selagi kamu ada di warung. Dan kamu pun batal menikmati ikan goreng siang itu.

Jika kamu dapat mengulang ke menit sebelumnya kamu pergi apa yang mungkin kamu lakukan untuk menjaga ikan tersebut? Mungkin saja kamu menaruh ikan di tempat tersembunyi, melindunginya dengan tudung saji, atau menyuruh adik untuk mengawasi sehingga dapat memberitahu kamu saat di warung.

Nah, dari cerita di atas apa yang bisa disimpulkan? Yaitu bahwa keamanan sangat dibutuhkan bahkan untuk hal kecil dan sepele seperti itu. Bagaimana untuk hal-hal yang lebih besar seperti rumah, kantor, atau toko yang jelas di dalamnya berisi barang-barang berharga. Televisi, komputer, surat-surat penting, perhiasan, dan barang dagagan pun bisa ludes dicuri kalau pengamanannya kurang tepat.

Telah disinggung di atas tentang keamanan lebih utama dari tempat tinggal. Lalu bagaimana caranya menciptakan tempat tinggal yang aman? Apakah dengan membangun benteng yang tebal, menyewa penjaga, ataukah menggunakan senjata pemusnah? Ternyata itu semua tidak cukup. Masih saja ada kasus pencurian di siang hari atau sejenisnya. Apalagi menurut Kapolda Metro Jaya Irjen Putut Eko Bayuseno, terjadi peningkatan kasus pencurian disertai kekerasan (curas) selama pelaksanaan Operasi Sikat Jaya 2012 yang digelar sejak tanggal 1-20 Desember. Dan terdapat sekitar 4000 kasus pencurian yang dilaporkan ke wilayah hukum Polda Metro Jaya sepanjang tahun 2012 Untuk mencapai rasa keamanan tersebut dibutuhkan usaha yang lebih dan tentunya efektif.

Lalu apa solusi yang tepat untuk menanggulanginya?

Di tengah maraknya kasus pencurian yang terjadi dan kesulitan mencari jalan keluar bagi mereka yang membutuhkan keamanan munculah suatu produk keamanan bernama Speedy Monitoring. Yaitu produk terbaru dari Telkomspeedy yang bertujuan untuk meminimalisir terjadinya aksi pencurian dan sejenisnya.

Apa sih Speedy Monitoring itu?
sumber gambar
Kalau menurut analogi di atas adik kamu bisa dijadikan sebagai penjaga ikan goreng kamu maka Speedy Monitoring bisa dijadikan mata serbamelihat rumah atau kantor kamu (wah pengandaiannya terlalu berat yaa?). Yaitu satu fitur Speedy yang memungkinkan untuk memantau, merekam, dan memonitor ruangan atau area menggunakan IP camera (kamera yang dapat mengirim data rekaman lewat jaringan) yang terhubung ke jaringan Speedy. Jadi kamu bisa melihat hasil monitoring dari kamera yang dipasang melalui internet (online monitoring). Mudah banget kan? Apalagi fitur ini gratis lho bagi pelanggan internet Speedy mulai kecepatan 384Kbps (paket basic).

Manfaatnya kalau berlangganan Speedy Monitoring apa?

Dikutip dari situs web Speedy Monitoring beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh yaitu: mendeteksi kedatangan orang enggak dikenal alias maling dan kawan-kawannya dengan fitur motion detect, mengawasi buah hati (bagi yang udah berkeluarga) atau orangtua yang ditinggal jauh, sebagai satpam rumah yang antingantuk saat ditinggal mudik (monitoring rumah), dan juga sebagai spy di setiap sudut kantor kamu.

Terus bedanya sama CCTV apa?

Dibandingkan dengan CCTV(Closed Circuit Television) yang untuk menikmati hasil rekamannya dibutuhkan kamera, media penyimpanan (memori), server, dan instalasi aplikasi tertentu, maka Speedy Monitoring engga! Kenapa? Karena layanan Speedy Monitoring diletakkan di internet serta dapat diakses kapan dan dimana saja (termasuk diakses menggunakan telepon seluler). Untuk menikmatinya hanya diperlukan akses Speedy dan IP camera. Kamu lebih dimanjain lagi karena perekaman dilakukan secara terpusat dan otomatis tersimpan di pusat data Telkom sehingga aman dari pencurian dan kerusakan.

Terus dimana saya bisa dapetin kameranya?

Untuk IP kamera bisa dibeli secara mandiri tapi disarankan sih yang bermerk Panasonic, Edimax, TP Link, D Link, dan Alinking.

Biaya yang dibutuhkan berapa ya?


Seperti yang telah disebutkan, layanan Speedy Monitoring ini bebas biaya a.k.a. gratis (untuk paket basic). Tetapi untuk paket bronze, silver, dan gold rincian pembayaran serta keistimewaan yang akan diperoleh dapat dilihat pada gambar di bawah.


Info lengkapnya bisa diliat dimana?

Nah untuk info lebih lengkapnya bisa diliat di situs webnya langsung dengan cara klik di sini. Di menu ini juga kamu bisa dapetin bonus berlangganan paket Speedy Monitoring gratis.

Lalu masih menganggap keamanan merupakan nomor dua? Prioritaskan keamanan menjadi yang paling utama karena derajatnya sama dengan kesehatan. Bukankah arti dari sehat adalah aman dari penyakit? Sekian.

5 komentar:

Eitss..., baca dulu dong baru komen! :D