Sabtu, 02 Juli 2011

Diterima di Bina Siswa

Jumat minggu lalu siang itu, ane kedinginan. Walaupun di siang hari masih ane rasakan angin malam menusuk kulit hingga menembus tulang. Sweater tebal tetap tak mampu menahan gigilan ane.  Maklum saja, orang pantai yang biasa hidup di daerah panas kini harus beradaptasi dengan suasana pegunungan. Ane sedang berada di Bandung. Sedang berjuang demi mendapatkan sebuah bangku sekolah menengah atas secara gratis.
Ya, gratis! Kesempatan emas yang tak boleh terlewatkan bagi anak berekonomi sederhana-ke bawah seperti ane. Di SMA ini nanti siswa-siswi akan ditempa habis-habisan selama tiga tahun. Kenapa ane bilang bakal ditempa habis-habisan? Karena setelah KBM sekolah umum berakhir, para siswa akan kembali ke asramanya untuk istirahat, sholat, dan makan. Selanjutnya belajar hingga menjelang maghrib. Setelah Isya, kami belajar kembali sampai jam sepuluh lalu tidur. Bangun-bangun jam 4.30-an. Begitulah nanti keseharian ane selama tiga tahun. Tak ada secuil waktu pun dihambur-hamburkan untuk bermain. Kalaupun ada, paling hanya beberapa menit. Kami hanya diperbolehkan pulang ketika liburan kenaikan kelas dan hari raya Islam, yaitu hanya sebanyak empat kali selama setahun. 

Mungkin sampean berfikir bahwa cara belajar seperti ini tidak manusiawi dan sangat keras. Sampai-sampai membayangkan kalau alumni sekolahan itu pada stress dan kepalanya hampir pecah karena selalu dijejeli materi pelajaran. Namun, siswa yang mengikuti penerimaan siswa baru sekolah ini tidak seperti itu! Mereka siap belajar jungkir-balik siang-malam jikalau diterima di sekolah tersebut. Siap jauh dari orangtua dan kawan-kawan. Siap tidur hanya beberapa jam sehari. Satu alasan yang membuat mereka rela melakukan hal gila seperti itu, yakni biaya gratis. Selama tiga tahun, semua biaya hidup ditanggung oleh sekolah. Mulai dari makan tiga kali sehari, SPP, perlengkapan sekolah, tempat tinggal, sampai ongkos pulang ke daerah masing-masing. Belum lagi, jika berprestasi dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, puluhan beasiswa dalam atau pun luar negeri siap menanti. Tetapi bagi siswa yang tidak terlalu berprestasi, SMA ini mempunyai banyak relasi perguruan tinggi Indonesia yang dapat membantu para siswanya untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi pilihan sendiri. Tentunya dengan persaingan sehat. Bagaimana menurut sampean? Tertarik? Kalau ane sih, sangat! Makannya ane ikut tes ini.

Nama  SMA yang nantinya akan digunakan sebagai tempat belajar umum adalah RSBI SMAN 1 Cisarua. Begitu KBM di Smancis (SMAN 1 Cisarua, red) selesai, nama sekolah para siswa asrama akan berganti menjadi Bina Siswa SMA Plus Cisarua. Jadi selama satu hari para siswa akan belajar di dua sekolah yang berbeda namun satu lokasi. Karena lokasi asrama Binsis (Bina Siswa SMA Plus, red) terletak di belakang Smancis. Hihihi keren, kan?

Kembali ke audisi! Setelah menjalani tes akademik, wawancara, dan kesehatan, pada hari ke-4, pengumuman kelulusan pun dikumandangkan. Dikumandangkannya melewati surat yang diterima masing-masing peserta tes. Dari lima ratus lebih pendaftar se-Jabar, hanya seratus lima puluh orang yang diperbolehkan mengikuti tes akademik, wawancara, dan kesehatan. Dari seratus lima puluh orang itu, disaring kembali hingga menjadi tujuh puluh orang. Wuah, usaha yang membutuhkan keringat lebih!
Pertanyaannya: Apakah ane diterima sebagai siswa kelas X Bina Siswa SMA Plus? Setelah membuka surat yang diterima, ada kalimat; dengan mengucapkan syukur dan selamat, kami memberikan kesempatan kepada Arkan Azis Kusuma untuk menjadi siswa Bina Siswa SMA Plus tahun ajaran 2011/2012. Alhamdulillah, ane diterima bro! Sontak ibu ane yang waktu itu ngejemput langsung terharu. Tetes air mata yang bagaikan mutiara itu sedikit demi sedikit keluar dan membasahi pipi ibu. Ane juga pengennya terharu kayak ibu, tapi karena gak terbiasa nangis ya jadi gak ada setetes air mata pun yang keluar. Ekspresi muka ane biasa-biasa aja, datar lah istilahnya. Gak kayak anak-anak lainnya yang diterima. Ada yang nangis, tersenyum, dan teriak-teriak. Ah, yang penting diterima! Oya, ada momen yang paling berkesan ketika mengikuti tes seleksi SMA Binsis, yaitu ketika tes kesehatan. Semua calon siswa laki-laki disuruh hanya memakai celana dalam. Ya, celana dalam saja kawan! Ane nahan ketawa mati-matian pas ngeliat ekspresi muka anak-anak dipaksa ngelepas semua pakaiannya kecuali baju segitiga si tatat, XD.

Sekarang ane lagi bingung+sedih gan. Bingung karena gak tau kapan lagi bakal bisa update postingan blog sekaligus blogwalking. Yang pasti bakalan jarang. Karena  waktu yang bisa digunakan untuk ngeblog cuma empat kali setahun. Tetapi akan ane usahain ngeblog kalo ane pulang kok! Insya Allah ane janji! *nangis+narik ingus+setel lagu sedih* Untuk kesebelasan blogmates, silakan link blog ane dicabut atau diapakan terserah. Tapi link-link kalian akan selalu tertancap di setiap halaman blog ini, mungkin nama widgetnya saja yang dirubah. Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada kalian. Karena tanpa kalian, blog ini tidak mungkin diberi nilai pagerank 3 oleh Mbah Google. Matur nuwun~~Lalu sedihnya kenapa? Karena ane bakal jarang ketemu orangtua, temen di dunia asli maupun maya, guru-guru, dan orang-orang penting bagi ane lainnya. Walaupun kita jauh, pokokna mah kalian akan selalu berada di hatiku. Jauh di mata, dekat di hati. (Usus dongs??)

Saya ucapkan terimakasih sebesar-sebesarnya atas dukungan kalian. Mohon dimaafkan kesalahan saya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Karena sesungguhnya orang yang mulia di hadapan Allah adalah yang mau saling memafkan sesamanya.

36 komentar:

  1. Alhamdulillah aq sudah lewat masa2 SMA.. gkggk..

    btw, ceritanya bagus, ngomong2 si "Ane" itu cantik ga ya??? Ane temannya Ana kan? :D

    BalasHapus
  2. weh.. lok q kuat nggk yach lok tiap harinya kek gitu... huhuhuhuhuhu.. semangat semangat..

    BalasHapus
  3. Glodaakkk!! Hehehehe.. :) Selamat yah sob. kita bakalan sama sob. saya juga sebentar lagi kyk kamu. tapi mungkin tidak seketat itu.. hehehehe..

    ah, urusan Blogging jangan diurus sob. yang penting sampeyan terus berjuang.. Semangat!!

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, memasuki satu fase kehidupan lagi...
    semangat brow, do'a kami selalu meyertaimu *sambil dada-lambaikan sapu tangan-kayak sinetron2 china*
    hahahah

    BalasHapus
  5. @ Catatan si Boy: wkwkwk yang lebih cantik sih si Ani...

    @ New Laptops 2011: Saya juga gak, gak, gak kuat. yaa tapi berusaha dulu. trims hehe

    @ Hashifa Sabhati: Thank uuu. Tumben nongol, Shif? -7-

    BalasHapus
  6. selamat yaa...
    atas pencapaiannya... :25

    BalasHapus
  7. @ Candra Aditya: Makasih banyak bro tapi kalo budaya blogging sih insya Allah akan dibudidayakan sampai punya cucu-cicit. :13

    Wah sama? Diasrama juga?

    @ KoskakiUngu: :30 saya malah gak tau kayak apa sinetron cina... betewe, makasih Mba'e!

    @ Offical Purbojati: Yap, makasih.

    BalasHapus
  8. Hahahaha.. Bisa Aja!

    Hhehehe.. iya sob.. Saya Keterima di Sekolah Sampoerna Academy di Malang. hehehehe...

    BalasHapus
  9. @ Candra Aditya: Wah..mantaf tuh!! Semoga sukses ya! Nanti kalo bisa kita ketemuan. hihi@ Candra Aditya: Wah..mantaf tuh!! Semoga sukses ya! Nanti kalo bisa kita ketemuan. hihi

    BalasHapus
  10. terus berkomentar di blog ane yah sobb..
    ntar insya Allah ane bikin Award Top komentator. :D

    BalasHapus
  11. semangat, sob!!! :10
    raih masa depanmu yak!! ;)

    BalasHapus
  12. selamat gan, sayang ya gan gaboleh bawa alat Elektronik. Semoga sukses

    BalasHapus
  13. selamat yah, masa sih ga bisa ngeblog disana?

    BalasHapus
  14. Selamat mas. n goog luck, salam kenal..

    BalasHapus
  15. kunjungan rutin ke blog saudara, saya suka baca-baca artikel disini, menarik sekali, saya tunggu posting selanjutnya
    oh iya, kalo berkenan baca juga artikel saya. terima kasih sudah sharing Pesona Wisata Dan Kerajinan Magetan

    BalasHapus
  16. sekamat sob pastinya suka / senang bisa diterima di bina siswa

    BalasHapus
  17. wew hebat,,, Congrats ya bro..!! ^^
    Welcome to thee real world.. (*ehh)
    Happy Weekend..!

    BalasHapus
  18. selamat! belajar lah yg baik dan benar.. heheh

    BalasHapus
  19. wuihh peraturannya ketat bgt y mas, kayak di gontor.. selamat menuntut ilmu mas!

    BalasHapus
  20. Sabar kang . Sukses Yaa :) Suatu saat pasti bisa kok . Tenang .

    BalasHapus
  21. selamat buat pencapaiannya,, sukses terus broo

    BalasHapus
  22. wahhhh selamat yaaa...dapet sekolah gratiss :15

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah, Selamat ya...

    BalasHapus
  24. terharu banget :D selamat menempuh hidup baru ya ... hehe :17

    BalasHapus
  25. wah selamat yaaaah ^^ kayak beasiswa nih?

    BalasHapus
  26. @ Offical Purbojati: Insya Allah mas. Hehe trims buat penawarannya...

    @ Ladida Cafe: Wehehe makasih Bang!

    @ Afi Adani: Yap, sangat disayangkan. Amin, tengkyu.

    BalasHapus
  27. @ r10: Bisa sih. Tapi cuma hari Minggu. :)

    @ Mas uwah: Trims mas. Salam kenal juga.

    @ Pesona Wisata Dan Kerajinan Magetan: Oooh, uuuh... *mlongo* Udah selesai nih promonya? :35

    BalasHapus
  28. @ Rizkyzone: Insya Allah senang. Trims ya mas Rizky. :10

    @ mahasiswa tingkat akhir: Caelah dunia tingkat 3.. hihi happy holiday dong! :13

    @ aanku91: Siap lanjutkan! *niru suara pemimpin upacara pas dikasih amanat*

    BalasHapus
  29. @ Catatan si Boy: Hihi dapat wejangan :13

    @ Naufal Aminur Rahman: Ya begitulah. Makasih , Fal!

    @ yusrond: Sabar? Maksudnya?? :16

    BalasHapus
  30. @ Kenali Apa itu Black HAT SEO: Ya, makasih.

    @ Doggy oh doggie: Dapat sekolah? Dapat bersekolah gratis mas... hehehehe makasih ya :13

    @ Gift: Alhamdulillah, makasih ya.

    BalasHapus
  31. @ lavhalitya: Apa? Menempuh hidup baru?! :29

    @ fonega: Kurang lebih seperti itu lah. :13

    @ Ismiaprial: Yo!! Semangat Ramadhan! :25

    BalasHapus
  32. sukses dan majuterus sob..
    kalo berkenan mampir juga ke blog aku ya.. how to be popular girl

    BalasHapus
  33. @ how to be popular girl: Makasih gan.

    BalasHapus

Eitss..., baca dulu dong baru komen! :D