Minggu, 30 Januari 2011

Menghitung Page View Suatu Postingan

Biasanya untuk mengetahui page view dari suatu halaman kita diharuskan memasang alat penghitung/counter yang telah banyak disediakan oleh web-web terkenal seperti HiStats. Tapi itu pun hanya dapat menghitung page view dari suatu halaman bukan postingan. Untuk mengetahui sudah berapa kalikah suatu postingan dibaca atau dilihat kita harus memasang widget buatan. Ya, kali ini saya akan membahasnya. Caranya cukup mudah saja. Hanya dengan mengimpor widget dan edit-edit sedikit HTML. Tapi menurut saya ada beberapa kekurangan dalam alat penghitung ini. yaitu penghitungannya tidak tepat. Misal, posting saya sudah dikomentari oleh 9 blogger. Tapi alat pengitung tersebut menghitungnya baru 6 kali dilihat. Jika sudah 9 blogger yang berkomentar, otomatis sudah 9 kali juga postingan tersebut dilihat bahkan bisa lebih. Bagi Anda yang tetap ingin memasang alat penghitung ini silahkan ikuti langkah-langkah di bawah.
Screenshot dari pengitung page view postingan



1. Klik ini untuk mengantarkan Anda menuju ke blog penyedia counter dengan selamat (pegangan erat-erat ya...),
2.  Kalau Anda ingin mengetahui page view dari semua halaman, Klik tombol "Add this counter to your blog",
3. Anda akan dibawa menuju halaman Import Elemen Laman. Pilih blog yang akan dipasang counter ini, beri judulnya, dan klik "Menambah Widget" (jika disuruh login maka loginlah),
4.  Dan jika Anda ingin menghitung page view dari postingan, maka pada rancangan pilih edit HTML lalu ceklis kotak expand widget template,
5. Tekan Ctrl+F lalu ketikkan kode di bawah ini,

<p><data:post.body/></p>

6. Jika sudah ketemu, tambahkan kode di bawah ini tepat di atas kode poin ke-5 tadi,

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div id='hit-counter'>
&lt;a href=&#39;http://csharpdotnetfreak.blogspot.com&#39; rel=&#39;follow&#39;&gt;
<script src='http://www.amitjain.co.in/pageview.php' type='text/javascript'/> &lt;/a&gt;
</div></b:if>

7. Simpan template lalu lihat ke salah satu postingan. Ada counternya?

27 komentar:

  1. wew.. Pengen nyobaaaaa...!!
    Tapi lagi g onlen di komputer,
    Terpaksa harus bersabar dulu. Sebenarnya bisa pake Bolt, tapi pulsa dah sekarat.. Wakwakwakkakkk

    BalasHapus
  2. @ Blog Santai: Hahahaha sabar bro. Belanda masih jauh kok. Bolt? Apaan tuh? :) hihi

    BalasHapus
  3. oke tu...
    ntar dicoba !
    visit and comenback ya gan http://galsu.co.cc

    BalasHapus
  4. Bolt itu nama browser gan.. Tampilannya mirip PC, bisa ngapain aja klo pake bolt. Termasuk edit HTML. Tapi kurang kenceng

    BalasHapus
  5. @ blog milik wong dolopo: Oke. Siap gan langsung meluncur.

    BalasHapus
  6. @ Blog Santai: Wuiih keren juga tuh. Itu aplikasi bisa dipake sama HP jenis apa aja?

    BalasHapus
  7. kapan-kapan masang aah~
    modemku lagi lemot.. ihik ihik :'(

    BalasHapus
  8. monggo lain kali aja kalo modemnya udah lancar jaya abadi lagi. banyak yah yang modemnya lg pada lemot gara2 hujan lebat malem ini. hihi

    BalasHapus
  9. wihhhhhhhhh mantap nich, bisa ga ya aq buatnya,,,,

    BalasHapus
  10. ntar dicoba mas.
    oh iya, soal tulisan saya yang mw dishare di fb, kalau bisa nanti aja mas, nunggu pengumuman keluar. karena persyaratannya belum pernah dipublish dimanapaun. siapa tahu belum boleh selama menunggu penilaian juri, makasih sebelumnya

    BalasHapus
  11. @ Anisayu: Gampang kok buatnya Mba. Silahkan dicoba.

    @ bangauputih: Oh iya Mba tenang aja. Ntar kalo udah diizinin boleh ya saya share di sana? Bagus banget sih cerpennya :).

    BalasHapus
  12. kalau saya lihat dari data statistik yg dari blogger aja , hihihi

    BalasHapus
  13. @ sichandra: kira-kira tepatan mana perhitungannya antara yang dari blogger sama yang dari ini bro?

    BalasHapus
  14. sesuai dengan paragraf pertama, saya pernah pake ini akhirnya dicopot Lagi. sebab sistem perhitungannya kurang akurat, di mana page view admin dihitung juga. saya Lebih mengoptimaLkan penggunaan menu statistik bawaan bLogger.

    oh yah, untuk tampiLan menu daftar isi, tampaknya "komentar terakhir" kurang berfungsi dengan baik.
    untuk ukuran menu daftar isi yang kemarin saya kasih kemarin, kiranya perLu dicoba-coba Lagi. ada penambahan sekitar 1px pada Lebar "juduL menu". dan penambahan sekitar 3 s.d 5px pada tinggi "juduL menu". dicoba aja menambahkan ukuran tersebut dengan perLahan, yakni dinaikkan tiap 1px LaLu cek, kaLo keLebihan atau kurang bisa edit Lagi.
    fungsinya untuk mempercantik tampiLan agar tampak simetris.

    sedangkan modeL tempLate yang sekarng sudah cukup bagus, tinggaL mengoLah vaLidasi htmL-nya aja. sesuai dengan aLamat yang kemarin saya inbox.

    BalasHapus
  15. @ Om Rame: Iya gak tau salah coding apa gimana tuh yang ngebuat. Saya juga udah ngehapus tuh counter.

    Oke Om kalo tetntang ukuran itu udah saya benerin. Gimana? Simetris kan? Ah masa sih ga berfungsi? Di kompi saya berfungsi ko.

    Siip Om. :25

    BalasHapus
  16. untuk menu daftar isi udah okok banget, mantap. kenapa guest booknya enggak di masukin kesitu aja sekaLian biar ringkes geto Loh. hehehehe....

    fasiLitasi "berbagi" yang ada disidebar (pojok kanan atas), kaLo kiranya kurang dibutuhkan mending di copot aja. Lumayan banyak makan tuh bobot kayaknya.

    Lha ini, di pojok kanan bawah sidebar "search here" masih nonghoL aja. padahaL di header udah ada.
    kaLo toh emang ada kesuLitan daLam oprek-oprek tempLate, kirim aja saLinan tempLatenya ke emaiL saya. nanti akan saya beresin sekaLian vaLidasi htmLnya diminimaLisir, biar Loadnya Lebih ringan. kaLo toh emaiLnya mau dikirim, kabarin yah, via chatbox juga boLeh.

    BalasHapus
  17. @ Om Rame: kalo guest book saya seleranya melayang Om hehehe.

    Sebenernya itu bukan fasilitas berbagi. Tapi itu kontak Facebook dan Twitter saya. nah selain yang dua itu saya gak terlalu butuh. Karna gak punya akunnya.

    Iya nih Om susah ngebenerinnya. Tiap disave pasti error. Wah yang bener nih Om? rejeki nomplok nih :D. Ya udah deh saya minta tolong Om. Nanti saya kontak via Facebook saja. Biar lebih mudah mantaunya. Thanks ya Om :13

    BalasHapus
  18. Bolt itu browser buat hape apa aja bisa asal mendukung Java..

    Java ada di Nokia, SE, Samsung, dsb yng juga support GPRS (ya iyalah, heheh)

    BalasHapus
  19. @ Blog Santai: keren juga tuh browser. tapi sayang, hape saya ga mendukung java, cuma gprs doang :D (maklum hp jadul).

    BalasHapus
  20. hmm, hampir semua hape yg bisa internetan juga support java lho.. hapemu merk n' tipenya apa?

    BalasHapus
  21. @ Blog Santai: Ah HP saya gak support java Mas. Saya pernah nyoba donlot game tapi tipe HP saya gak kedetek tuh sama mesinnya.

    Smart C700 :13

    BalasHapus
  22. ini coba kupakai, dulu pernah pake, tapi ya ga nongol jumlahnya..ya hapus akhirnya..

    BalasHapus
  23. batal..beratloadnya ternyata..hehehhehhehehe....

    BalasHapus
  24. boLeh juga nih uLasannya, jadi bisa ngintip secara Langsung. enggak perLu ngumpet duLu ke menu statistik bLogspot. mantap deh!.

    BalasHapus
  25. @ Adit Mahameru: Memang pengkalkulasiannya kurang tepat. Saya malah lebih milih yang standar blogspot :12

    Wah berat yah? Ya sudah lebih baik dicopot aja...hehehe memang provider Mas apa sih? :13

    @ om rame: Iya Om. Ya tapi gituh kekurangannya. Penghitungannya kurang tepat. :25 makasih om udah baca.

    BalasHapus
  26. Wah, ini info yang aku cari, terima kasih dan salam kenal aja, yuk kunjungi blogku http://andimuhammadaliblogs.blogspot.com

    BalasHapus
  27. @ Khazanah Islam (tm): Ah yang bener? :19 hehe iya sama-sama. Terimakasih juga yak udah baca-baca. Oke deh gan menuju TKP.

    BalasHapus

Eitss..., baca dulu dong baru komen! :D